Mengenai Saya

Foto saya
blog ini dalam masa perbaikan. mohon maaf untuk sementara tidak saya update isinya

Minggu, 24 Januari 2010

Ziarah ke makam bung Karno di Blitar

. Minggu, 24 Januari 2010

Ada keinginan terbesit untuk bisa tahu dimana makam Ir. Soekaro. sembari berziarah mengenang beliau dan memahami hidup, istilahnya ingat "mati" . Saya adalah penggemar beliau, sepak terjang beliau dimasa lalu dalam membawa kemerdekaan bangsa Indonesia, hitam putih perjalanan beliau membawa nuansa patriotis perjuangan bangsa.

Mumpung liburan, saya sempatkan untuk ke Blitar. Berangkat dari Malang di pagi hari ikut kereta api Penataran yang melewati kota Blitar. Lumayam cuma Rp 4500,- bisa sampai di Stasiun kota Blitar, walau didalam kereta sempat berdiri hingga setengah jam karena gak dapat tempat duduk...


Perjalanan selama hampir 3,5 jam didalam kereta api membawa nuansa tersendiri. melihat lika-liku masyarakat pengguna transportasi ini. Berjubelan, banyak yang tidak dapat tempat duduk, bau gerbong yang pengab, lalu lalang penjual aneka jajanan dan barang-barang lainnya, diselingi pula para pengamen yang menyanyikan melodi yang membuatku lebih baik untuk tidur . Semua itu menjadi kewajaran, maklum saya hanya ikut dikelas ekonomi, dibalik itu semua, besar harapan agar pemerintah mau merubah manajemen transportasi ini sehingga menjadi lebih layak lagi.


Setelah tiba di Stasiun kota Blitar, istirahat sejenak di warung terdekat. setelah itu melanjutkan perjalanan dengan mengendarai Dokar, susah juga menawarnya, jadi ya udah dech...untuk 2 orang bayarnya Rp 30.000,- langsung berangkat ketempat tujuan...


Tiba di kawasan Museum Ir. Soekarno, langsung didekati para penjual bunga, karena males menawar jadi Saya beli tiga. Satu karangan kecil saya beli Rp 2000,- buat ditabur di makam Bung Karno.


Di luar kawasan, banyak sekali penjual pernak-pernik, pakaian, tas dan aneka kerajinan lainnya. Yang paling banyak diburu pengunjung adalah pernak-pernik dan pakaian bergambar maupun bertuliskan Bung Karno. Selain itu tentunya bagi yang perutnya mau diisi, disini juga banya bertaburan warung-warung yang meyediakan masakan-masakan yang mungkin bisa menambah nikmatnya perjalanan wisata ziarah ke makam Bung Karno ini.


Masuk ke kawasan Museum Bung Karno Saya begitu terkesima dengan gaya arsitektur bangunannya, begitu menarik mata. Ketika memasuki Ruang museum Ir. Soekarno, saya tidak bisa mengabadikan momen tersebut, maklum disana ada peraturan untuk tidak diperkenankan mengambil dokumentasi ketika didalam ruang museum yang didalammya banyak tersimpan barang-barang milik Soekarno, banyak pula dokumentasi-dokumentasi perjalanan perjuangan Bung Karno yang terpampang di dalam museum nonpustaka ini.


Yang paling menghebohkan dari museum ini adalah adanya salah satu lukisan karya IB Said. Lukisan tersebut ketika diperhatikan lebih teliti, seakan memiliki detak jantung bergetar seperti dada orang yang berdegup. Anda akan benar-benar bisa merasakannya bila melihatnya dari samping. Menurut Saya hal tersebut bukan sebagai hal yang mistis, bisa jadi karena cat lukisan maupun kertas lukisan lah yang menyebabkan lukisan tersebut nampak berdetak karena mampu membuat mata kita terhalusinasi.

Setelah menikmati museum Bung Karno, saatnya untuk berziarah ke makam beliau. Bung Karno lahir pada tanggal 06 Juni 1901 dan wafat pada tanggal 21 Juni 1970. di bawah bangunan Joglo, Ada 3 (tiga) makam, makam yang berada di tengah dengan batu nisan marmer hitam adalah makam Bung Karno, sedangkan di sebelah kanan makam (dari arah gapura agung) adalah makam Raden Soekemi Sosrodihardjo, ayahanda Bung Karno, dan di sebelah kiri adalah makam ibunda beliau yaitu Ida Ayu Nyoman Rai.


Saya kembali ke Malang ketika sore tiba, maklum rencananya ikut kereta lagi yang menuju ke Malang. sebelum itu belanja oleh-oleh dulu, intinya kita harus pintar dalam menawar dan seleksi untuk mendapatkan kualitas barang dengan harga yang murah tentunya.


Untuk masuk ke kompleks makam ini tanpa dipungut biaya, gratis..tis..tis... Namun biasanya pengunjung akan memberikan tips kepada juru kunci makam, lumayan buat amal. Balik ke stasiun Blitar naik becak biayanya Rp 25.000,-


dibawah ini sedikit dokumentasi perjalanan Saya...




gaya arsitektur bangunannya keren bro...


Diwilayah sekitar museum juga dibangun perpustakaan umum.


Gong perdamaian dunia juga ada disini.


memasuki kawasan makam Ir. Soekarno


Pendopo...tempat yang menaungi makam Ir. Soekarno


makam ini selalu ramai pengunjung setiap harinya


...???...










1 komentar:

Anonim mengatakan...

Thanks buat postingannya...
pngen k Makam Bung Karno dari malang bngung angkutan umum dari stasiun kota blitar :D ;;)

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

Terimakasih telah membaca postingan ini. Ditunggu komentarnya...

 
Blogger Cupu is proudly powered by Blogger.com | Download Template: o-om.com | re edited by awan