Mengenai Saya

Foto saya
blog ini dalam masa perbaikan. mohon maaf untuk sementara tidak saya update isinya

Selasa, 15 Desember 2009

Music: Dara Puspita

. Selasa, 15 Desember 2009


Grup band Dara Puspita ini merupakan Band asal Surabaya beraliran rock yang terdiri dari Titik Hamzah(Vokal, bas), Lies Adjie Rahman(gitar, vokal), Titiek Adjie Rahman dan Susy Nander(drum). Band yang memulai debut album pertamanya tahun 1966 dengan nama "jang pertama" ini merupakan band wanita yang banyak dipengaruhi band-band luar negri, seperti halnya Beatles dan the rolling stones, yang pada masa itu sedang merajai industri musik dunia rekaman maupun panggung.

Titiek AR yang lahir 19 Januari 1966 dan Lies 30 Januari 1948 adalah dua dari 10 anak Adjie Rachman, yang pada masa mudanya dikenal sebagai pemusik keroncong. Meskipun orangtuanya mula-mula tidak setuju kedua putrinya bermusik, mereka akhirnya bangga ketika tahu Titiek AR bersama grup sekolahnya menjadi juara. Sukses Titiek AR ini memacu Lies menekuni gitar dan bahkan juga organ.


Hampir sama dengan Titiek dan Lies, Susy juga tidak didukung orangtua ketika menyatakan niatnya bermusik. Namun, ketekunan dan kekerasan hatinya membuat orangtuanya menyerah juga. Susy, kelahiran 5 Juli 1947 dengan nama Sioe Tjuan, adalah salah satu dari tujuh anak pasangan Tjan Tjun Han dan Hanna Elizabeth Nander. Keterampilan Susy sebagai drummer perempuan dijadikan barometer oleh para penabuh drum cewek lainnya.


Titiek Hamzah, yang lahir di Bukittinggi 16 Januari 1949 merupakan anggota termuda. Sudah suka musik sejak usia enam tahun dan bergabung dengan band bocah bersama Jopie Item. Titiek Hamzah, satu-satunya anggota Dara Puspita yang masih aktif dalam musik sampai sekarang.


Album pertama berjudul Jang Pertama dirilis dalam bentuk piringan hitam berisi lagu lagu Pantai Pataya, Tanah Airku, Mari Mari, Ali Baba, Kenangan Yang Indah, Burung Kakaktua, Lagu Gembira, dan Surabaya.


Lagu "Surabaya" menjadi sedemikian populer sehingga banyak orang beranggapan lagu itu adalah karya Dara Puspita dan tidak mengira bahwa nomor tersebut merupakan ciptaan kelompok sandiwara Bintang Surabaya pada tahun 1928, yang liriknya dimodifikasi oleh A Rachman, ayah Lies dan Titiek.


Dara Puspita pernah melakukan tur ke eropa pada Juli 1968-Desember 1971, sebelum memulai turnya, band wanita ini sempat manggung di Iran. Negara-negara eropa yang mereka kunjungi adalah Jerman Barat, Turki, Hongaria, Inggris, Perancis, Belgia, Spanyol dan Belanda.


Kembalinya dari eropa, Dara Puspita melanjutkan tur kembali ke beberapa kota di Jawa, dimulai pada tanggal 18 Desember 1971 di Jakarta, lalu dilanjutkan lagi ke daerah Pandaan, Malang, Bandung, Denpasar, Banyuwangi, Lumajang, Probolinggo, Kediri, Tulungagung, Madiun, Jember, Yogyakarta, Solo, Tasikmalaya, Tegal, Surabaya, lalu kembali lagi ke Jakarta sebagai tur terakhir di Pulau Jawa pada tanggal 29 Maret 1972.


Setelah pertunjukan terakhir di Jakarta itu, Dara Puspita terbang ke Manado dan Makassar. Setelah itu Dara Puspita dinyatakan bubar, antara lain setelah Titiek Hamzah berkeras ingin menarik diri. Susy berusaha membujuk dengan mengatakan Dara Puspita sedang berada pada puncak karier dan sayang kalau harus bubar saat itu.

(Sumber: wikipedia Indonesia)


Mau mendengar gimana lagu-lagu yang dimainkan band Dara Puspita??

Download aja :


klik: >>Dara Puspita Jang Pertama (side 1) 1966<<


klik: >>Dara Puspita Jang Pertama (side 2) 1966<<




0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

Terimakasih telah membaca postingan ini. Ditunggu komentarnya...

 
Blogger Cupu is proudly powered by Blogger.com | Download Template: o-om.com | re edited by awan